Minggu, 05 Agustus 2012

PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA DIANTARA PELUANG DAN TANTANGAN


Oleh: Abu Mu’tashim Az-zira

PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA
 DIANTARA PELUANG DAN TANTANGAN

A.  Latar Belakang Masalah
            Agama Islam yang agung yang dibawa oleh Rasulullah Muhammad Shollallahu ‘Alaihi Wasallam, mengandung segala peraturan kehidupan termasuk implikasi pendidikan Nabawiyah yang bertujuan untuk mencetak generasi Rabbaniyah. Yaitu generasi yang memiliki potensi psikologis dan pedagogis yang berkualitas sehingga ia menjadi generasi yang beriman dan bertaqwa, generasi yang akan menjadi khalifah di muka bumi yang islami, dinamis dan kreatif serta responsive terhadap lingkungan sekitarnya. Generasi yang menjunjung tinggi kalimat tauhid, merealisasikan syari’at Islam dan mengaplikasikan sunnah Rasulullah Shollallahu ‘Alaihi Wasallam.
            Untuk memanifestasikan semua itu, diperlukan usaha kependidikan yang sistematis berencana berdasarkan pendekatan dan wawasan yang Islami sesuai dengan petunjuk Rasulullah Shollallahu ‘Alaihi Wasallam. Karena zaman globalisasi barat terus memerangi akhlaq dan aqidah generasi Islam. Maka proses perkembangan pendidikan Islam harus bisa selalu dipertahankan. Agar generasi Islam kebal terhadap virus-virus yang setiap saat menyerang dan siap menelan habis aqidah dan akhlak generasi Islam.
Nilai-nilai kewahyuan Al-qur’an dan As-sunnah yang aktul sangat fungsional apabila di internalisasikan ke dalam pribadi melalui proses kependidikan Islam yang konsisten dengan petunjuk Allah dan Rasul-Nya. Oleh karena itu proses kependidikan Islam yang terkandung dalam Al-qur’an dan As-sunnah dapat dikembangkan menjadi teori-teori yang terpuji dan praksisasi dilapangan operasional. Sehingga dengan itu akan mengacu kepada tuntunan masyarakat yang dinamis-konstruktif menuju masa depan yang islam, sejahtera serta diridhoi Allah.
Didalam Islam, pendidikan yang mengacu pada penguatan tauhid dan akidah kemudian ilmu-ilmu yang lain dari ilmu agama dan dunia adalah sangat diperlukan. Dengan demikian, pendidikan Islam diharapkan bisa memanivestasikan nilai-nilai Islam sekaligus bisa mengkolaborasikan diri dengan kebutuhan zaman yaitu melibatkan diri dalam pergaulan global, dengan prinsip masih dibawah naungan Islam.

 B.   Rumusan Masalah
           Dari uraian latar belakang masalah tersebut, maka penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.   Bagaimana peluang pendidikan Islam di Indonesia masa kini dan masa datang ?
2.   Bagaimana Tantangan pendidikan Islam di Indonesia masa kini dan masa datang ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar